Jumat, 04 Juli 2014

Sebelas Pemain Terbaik Tim Nasional Gagasmedia


       


Kalau umur Gagas bisa dijadiin pemain bola, berarti udah cukup memenuhi syarat buat bertanding. Dengan catatan enggak ada yang cedera aja ye. Hehehe.

Hampir tiga tahun gue baca buku-buku terbitan lo. Mulai dari pinjem sana-sini (soalnya dulu uang jajan SMP gue dikit banget), beli sendiri atau yang paling sering baca buku yang udah kelepas wrapnya dan baca di toko buku. Maklum, pemuda irit selalu punya banyak cara untuk berhemat.      

Di rak buku gue, ada sekitar dua puluh buku terbitan lo, Gas. Kagak banyak sih, tapi cukup buat gue bangga, ya seenggaknya kamar gue engga cuma diisi sama baju dan celana dalam yang kagak dicuci :D

Well, dari sekian puluh buku yang udah gue baca, ada sebelas yang paling berbekas, diantaranya: (urutan menyatakan peringkat rekomendasi dan buku terbaik versi gue)

1.     The Truth About Forever – Orizuka (super recommended)
Novel pertama Orizuka yang gue baca. Bajingan, super-duper-mega-giga kampret sekali buku ini (maaf memakai kata kasar, dalam kamus gue, kata itu mewakili tingkat kekaguman, bukan hinaan). Harus gue akuin, cuma novel ini yang bisa buat gue refleks tepuk tangan sambil ngebersihin leleran ingus karena saking terharunya. Sebenernya temanya standard, tapi atas nama bumi dan langit, penggarapannya top markotop!

2.      Creative Writing – A.S. Laksana (super recommended for self-help)
Gue, ehm, saya harus berterima kasih yang besar kalau kapan-kapan diberi kesempatan ketemu Mas Sulak. Karena beliau, saya bisa menulis novel dan menyelesaikannya. Meski enggak tahu kapan manuskrip itu bisa diterima penerbit *godain-gagas* *jawil-pipinya*

3.      Satin Merah – Brahmanto Anindito (high recommended for thriller)
Novel ini berhasil matahin persepsi gue tentang buku-buku terbitan Gagas. Gue kira dulu Gagas cuma nerbitin novel menye-menye yang temanya patah hati atau cinta-cintaan melulu. Tapi persepsi gue salah ketika novel ini gue baca. Sialan, keren sekali nih buku.

4.      Jomblo – Adhitya Mulya (high recommended for comedy)
Bang Adhit… Makasih udah nemenin masa-masa gue jomblo selama ini. Ini novel pengalaman sendiri atau gimana sih bang? Sumpah ye, footnotesnya goblok abis. Sampe-sampe pernah baca novel ini di kelas terus di tahan sama guru karena dituduh baca waktu pelajaran (padahal mah kagak –lho kok gue malah tiba-tiba kangen ya sama guru itu.)

5.      Dear You – Moammar Emka (high recommended for cowok yang pengen ganteng)
Kalau gue, ehm, aku jago ngegombal dan punya banyak mantan maka salahkan saja buku ini, buku tampan revolusioner tentang kata-kata puitis yang cocok buat ngegaet cewek. Saking tebelnya, pas udah selesai, langsung mabok kata-kata

Besoknya langsung dipraktekkin deh. Hahahaha.

6.      Versus – Robin Wijaya (recommended)
Tiga orang sahabat dengan background berbeda. Aseli, tadinya sempet pikir-pikir dulu pengen beli novel ini. Tapi gue nyesel… KENAPA HARUS PAKE PIKIR-PIKIR? Amanatnya bagus banget!

Gue jadi pengen ngerasain tawuran deh. :D

7.      Manusia Setengah Salmon – Raditya Dika (recommended)
Novel komedi yang paling gue suka dari bang Radit. Temanya keren: pindah. Bagian terakhir yang nyeritain kenapa bang Radit milih judul MSS keren betul. Kalau ketemu, kutampar kau, kesel sekali gue ngeliat lu nulis kayak gitu.

8.      Refrain – Winna Effendi (recommended)
Karya terbaik dari Winna Effendi, ciri khas banget gaya tulisannya. Sebenernya satu banding berapa ya orang yang punya temen masa kecil?
Dan berapa orang yang cowoknya seganteng Afgan, dan ceweknya secantik mantan gue –you know lah, Maudy Ayunda, kata temen gue Maudi Nanda–

9.      Bangkok – Moemoe Rizal (recommended)
Novel ini gue saranin buat orang yang ngehargain tentang betapa pentingnya riset. Latar Bangkoknya kuat banget, plus alurnya ajip banget, begitu tahu novel ini sering direvisi, gue salut. Tempaannya berhasil buat novel ini jadi salah satu yang gue rekomendasiin kalo temen gue nanya novel apa yang bagus.

10.  Let Go – Windhy Puspitadewi (neutral)
Sebenernya sempet bingung antara Seandainya atau Let Go, tapi karena sama-sama yang nulis Windhy, yaudah deh, pilih yang mana aja hasilnya sama. Fix, galau tingkat nasional kalo baca novel ini.

11.  All You Can Eat – Christian Simamora (neutral)
Disarankan untuk tidak baca di bulan puasa. Adega nananinanya asik banget. HOHOHOHOHO.

            Wuaaaah! Selesai juga nyelesain tulisan ini.

Mau menang atau kagak (semoga menang), yang penting kan esensinya: rasa terima kasih.

Akhir kata, SELAMAT ULANG TAHUN GAS.

SEMOGA KESEBELASANNYA LANJUT SAMPE FINAL DAN PIALA DUNIA BERIKUTNYA YA! #apasih

KALAU BERHENTI NERBITIN NOVEL BAGUS, KUTONJOK KAU.
           

1 komentar: