Selasa, 30 Agustus 2011

[Proyek Nulis Buku Bareng]: Kenangan Masa Kecil a.ka KMK

Alhamdulillah saya akhirnya bisa memenuhi janji saya untuk membuat postingan khusus sebagai “Press Release” terkait tulisan saya yang lalu, yang saya beri label Kenangan Masa Kecil [KMK] – anda bisa melihat postingan aslinya di sini http://on.fb.me/r2xlWS



Dari komentar teman-teman ternyata banyak yang tertarik untuk dijadikan proyek Nulis Buku Bareng dengan tema Kenangan Masa Kecil (KMK). Karena ini akan dijadikan proyek bersama, maka perlu kiranya saya membuat sebuah panduan umum – agar proyek ini bisa berjalan dengan baik.

Nah untuk sekedar mengingatkan tujuan penulisan KMK ini saya ambil lagi prolog dari postingan saya yang lalu.

Prolog:
Kenangan masa kecil terkadang sungguh membuat kita suka mengingatnya. Hal itu disebabkan masa kecil kita mungkin sangat jauh berbeda dengan masa kecil anak-anak kita saat ini. Ada banyak nilai-nilai masa kecil yang terkadang perlu juga kita ceritakan pada generasi sekarang – memang bukan untuk membanding-bandingkan, karena memang perubahan zaman terkadang menuntut perubahan kondisi dan prilaku, tetapi paling tidak kenangan masa kecil bisa membawa inspirasi bagi generasi saat ini. Saya yakin banyak orang terkesan sekali dengan cerita Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata yang tidak lain adalah masa kecil sang pengarang si Andrea. Akan tetapi berapa banyak yang menyadari bahwa masing-masing kita juga punya masa kecil yang tak kalah seru dan menginspirasi bagi banyak orang jika dituliskan.
Saya sangat yakin sekali akan hal itu, karena masa kecil kita adalah spesial, unik dan setiap orang pasti berbeda, sehingga pasti ada hal yang menarik di sana. Oleh karenanya saya mengajak pembaca untuk mencoba menuliskan masa kecil kita – siapa tahu bermanfaat dan menginspirasi banyak orang – terutama generasi sekarang.

Apa saja yang bisa dituliskan?
Mungkin ada yang tanya begitu. Ya apa saja, cerita masa kecil kita, semakin banyak macam dan variasinya semakin bagus. Nah kalau anda tertarik dengan ajakan ini, yuk kita nulis kenangan masa kecil kita, jangan lupa untuk memberi tag, atau label di depan tulisan kita : [Kenangan Masa Kecil ] judul tulisan...

Target

Saya membuat target paling tidak ada sekitar 50 sampai 60 tulisan yang berisi tentang KMK. Dan saya berharap tulisan tersebut di tulis oleh 25 sampai 30 orang! Artinya setiap orang DIHARAPKAN mengirim 2 naskah sehingga benar-benar bisa menceritakan dengan leluasa KMK-nya. Meskipun demikian kalau ada yang mengirim cuma 1 naskah juga tidak masalah, hanya konsekuensinya perlu penulis lagi untuk mencapai taget 50 s.d 60 naskah tadi.

Ketentuan

Bagi yang ingin mengikuti proyek ini disarankan untuk mempublikasikan tulisannya di note/catatan di Facebook dengan memberi label [Kenangan Masa Kecil] ... judul tulisan. Teman-teman boleh menulis dan mempublikasikan lebih dari dua naskah di catatan FB – akan tetapi nanti silahkan dipilih 2 yang terbaik menurut teman-teman untuk disertakan dalam proyek ini.

Tulisan yang dikirim ke boleh dan disarankan sudah di edit dengan baik, terkait dengan ejaan dan alur cerita dan lain-lainnya. Hal ini agar memudahkan kami untuk mengkompilasinya dan mempercepat proses pengiriman ke penerbit.

Waktu Publikasi
  • Waktu publikasi tulisan di FB mulai 14 Agustus sampai dengan 10 September 2011.
  • Diharapkan dibawah setiap publikasi tulisan di sertakan tulisan ”Proyek Nulis Buku Bareng : Kenangan Masa Kecil ” informasi lebih lanjut silahkan buka http://on.fb.me/nRmEPz
Pengumpulan naskah.
Maksimal tanggal 15 September.

Pengiriman Naskah

Naskah di kirim dalam format MS WORD / Open Office Write / Libre Office dengan ketentuan margin kiri 2 cm, kanan 2 cm, atas 2 cm, bawah 2 cm, dengan kertas ukuran A4 dan font Times New Roman, spasi 1,5. Setiap naskah diharapkan tidak lebih dari 5 halaman dan tidak kurang dari 2 halaman. (Kami harap ketentuan ini diperhatikan teman-teman agar sekali lagi memudahkan kami dalam mengkompilasi naskah )

Setiap peserta WAJIB, memeberikan biodata diakhir tulisannya dengan ketentuan maksimal 150 kata

Naskah dikirimkan dalam bentuk attachment (lampiran) ke hmcahyo@facebook.com dan di tembuskan (carbon copy / cc) ke hmcahyo@yahoo.com

Untuk proyek ini saya dibantu oleh Kang Ustadz Abrar Rifai ( http://facebook.com/abraruna ) - untuk hal-hal yang kurang jelas bisa diajukan melalui komentar dibawah postingan ini.

PERINGATAN:

Ini bukan ajang lomba tulis sehingga TIDAK ADA PEMENANG dan TIDAK ADA HADIAH. Kami hanya akan memfasilitasi agar kumpulan tulisan teman-teman bisa diterbitkan oleh penerbit resmi. InsyaAllah biaya penerbitan ditanggung kordinator tetapi jika ada yang mau jadi sponsor TIDAK AKAN DITOLAK hehhehe.. Teman-teman segera akan mendapat pemberitahuan jika bukunya sudah terbit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar