Jumat, 23 Desember 2011

Lomba Menulis Bersama Jonru

Halo, kenal Jonru kan?
Penulis yang terkenal dengan bukunya “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat” dan “Menerbitkan Buku Itu Gampang!” ini sedang menyusun buku ke-5. Dan khusus buku ke-5 ini, Jonru ingin menjadikannya sebagai sesuatu yang sangat istimewa. Dia tidak mau menulis sendirian, tapi mengajak Anda untuk ikut menyumbangkan tulisan di dalamnya.


Tertarik? Jika ya, coba simak informasi lengkapnya berikut ini ya…. :)

    Tema buku ke-5 Jonru ini adalah “Terapi Menulis”. Sesuai tema ini, Anda dipersilahkan menulis pengalaman pribadi dalam menerapkan terapi menulis. Ceritakan pengalaman Anda ketika menulis, dan bagaimana dampak positifnya terhadap hati dan pikiran Anda.
    Sebagai bahan referensi mengenai tema Terapi Menulis, Anda bisa membaca dua tulisan Jonru mengenai terapi menulis. Silahkan cek di sini.
    Jika sudah punya pengalaman pribadi (kisah nyata) dalam menerapkan terapi menulis, Anda bisa langsung menulis dan mengirim naskah. Tatacaranya silahkan lihat di bagian berikutnya di bawah ini.
    Jika belum punya pengalaman pribadi (kisah nyata) dalam menerapkan terapi menulis, coba ikuti tahap-tahap berikut:
    Tahap I: Praktek Menulis
    Silahkan Anda praktek menulis dulu selama lebih kurang 7 hingga 10 hari. Bisa di blog, Twitter, Facebook, milis, atau forum diskusi seperti Kaskus dan sebagainya. Silahkan menulis untuk tujuan terapi diri. Cara dan kiatnya bisa dibaca di sini.
    Tahap II: Mencatat Pengaruhnya
    Misalkan setelah menulis tersebut Anda jadi bahagia, lebih plong, tiba-tiba ada yang menawarkan peluang menarik, atau ada teman yang memberi komentar di luar dugaan, atau apapun itu… silahkan catat semuanya.
    Intinya, semua tulisan hasil praktek Anda beserta semua pengaruh, respons dan sebagainya, silahkan dicatat dengan rapi, diarsipkan dengan baik, jangan sampai hilang. Sebab itu semua akan menjadi salah satu bahan penting di dalam penulisan naskah Anda (Perhatikan kata “bahan”. Artinya itu cuma sebagai bahan tulisan, bukan bagian dari tulisan Anda. Paham kan, bedanya?)
    Tahap III: Menulis Naskah
    Setelah beberapa hari melakukan praktek, saatnya Anda “melaporkan” hasilnya dalam bentuk tulisan. Silahkan tulis artikel Anda. Semua data mengenai respons, pengaruh, dan sebagainya yang telah Anda arsipkan, silahkan dimasukkan ke dalam tulisan. Tentu saja, Anda harus meramunya dengan cara yang baik dan menarik, sehingga tulisan enak dibaca.
    Tahap IV: Mengirim Naskah
    Setelah tulisan selesai dibuat, silahkan dikirim ke panitia audisi ini.
    Naskah dikirim ke email buku @ jonru.net (hilangkan spasi di antara tanda @) dengan ketentuan:
    - Subject (judul) Email: Naskah untuk Buku Terapi Menulis
    - Cantumkan biodata singkat Anda dalam bentu narasi (cerita), dengan panjang maksimal 200 kata. Jangan lupa, pada biodata tersebut cantumkan:
    === Nama lengkap Anda (nama asli)
    === Nama pena (untuk dimuat di buku)
    === Alamat rumah Anda
    === Nomor HP
    === Alamat email di Facebook (khusus bagi Anda yang membantu publikasi via Facebook)
    === Username anda di Twitter (khusus bagi Anda yang membantu publikasi via Twitter)
    === Usia
    === Jenis kelamin
    === Profesi (tulis sedetil mungkin)
    Deadline: Naskah Anda ditunggu paling lambat tanggal 31 Desember 2011.
    Pengumuman naskah-naskah yang lolos insya Allah akan dilakukan tanggal 23 Januari 2012 di website PenulisLepas.com.
    Buku ini akan diterbitkan secara self publishing di Indie-Publishing Pro.
    Setiap penulis yang naskahnya dimuat akan mendapat fasilitas:
    - Satu eksemplar buku ini secara gratis
    - Diskon pembelian buku ini sebesar 20% (*)
    - Diundang pada acara launching buku ini. Jadwalnya akan ditentukan kemudian
    - Voucher diskon jika Anda bergabung dengan Writers Academy, sebesar 25% untuk Kelas Online, atau Rp 200.000 untuk Kelas Tatap Muka.

Keterangan:
(*) Hanya berlaku untuk pembelian langsung ke penerbit Indie-Publishing.com.

* * *

Kriteria Naskah:

    PENTING: Sudah banyak naskah yang masuk, tapi sekitar 90 persen tidak sesuai harapan. Karena itu, teman-teman dipersilahkan membaca penjelasan Jonru yang sudah ditulis di sini.
    Naskah harus asli berisi pengalaman nyata Anda sendiri, bukan pengalaman orang lain, bukan naskah terjemahan, bukan naskah daur ulang atau saduran, dan tentu saja bukan naskah jiplakan.
    Naskah diketik rapi dengan format huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5. Minimal 150 kata dan maksimal 400 kata.
    Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik.
    Penggunaan istilah-istilah asing atau daerah diperbolehkan selama memang diperlukan sebagai bahan referensi. Yang penting gunakan seperlunya, dan – jika perlu – cantumkan artinya dalam bahasa Indonesia.
    Naskah Anda hendaknya ditulis secara TO THE POINT. Tak perlu pakai pengantar atau kalimat-kalimat pembuka yang tidak efektif.
    Ingat: naskah yang akan masuk ke buku Jonru ini insya Allah sangat banyak. Jadi bila semua penulis – termasuk Anda – mengirim tulisan yang sangat panjang, dikhawatirkan akan membuat buku jadi sangat tebal sehingga harga jualnya sangat mahal. Karena itu, mohon partisipasi Anda untuk menulis artikel yang sesingkat mungkin; padat, to the point, ringkas, namun efektif dan lengkap.
    Satu orang penulis hanya boleh mengirimkan satu naskah.
    Naskah tidak boleh mengandung hal-hal yang berbau SARA, kebencian, permusuhan, dan/atau hal-hal negatif dan tidak patut lainnya.
    Sesuai tema buku ini, tentu lebih baik bila naskah Anda bisa menjadi inspirasi bagi pembaca, membuat mereka termotivasi juga untuk menulis sebagai media terapi diri.
    Naskah yang dikirim BELUM PERNAH dipublikasikan di manapun, baik itu media cetak (majalah, koran, tabloid) maupun media digital (milis, blog, facebook, dst).
    SANGAT DISUKAI bila Anda menyertakan foto, ilustrasi dan sebagainya yang mendukung isi naskah Anda. Misalkan Anda menulis sebuah status Facebook yang akhirnya membuat stress Anda hilang. Maka Anda bisa meng-capture tampilan status ini, lalu mengirimnya dalam bentuk file JPG. Contoh lain: Setelah rajin menulis, Anda mendapat banyak teman baru. Maka Anda bisa mengirim foto bersama teman-teman tersebut, misalnya ketika Anda sedang kopdar (ketemuan) di sebuah kafe. Dan seterusnya.
    NB: Jangan lupa cantumkan keterangan singkat mengenai foto/ilustrasi tersebut.

* * *

Syarat Wajib: Bantuan Publikasi

Setiap peserta audisi ini WAJIB membantu publikasi melalui Facebook atau Twitter. Boleh salah satu saja. Tapi kalau mau kedua-duanya juga sangat diperbolehkan.

Sangat Penting: Bantuan publikasi HARUS langsung Anda lakukan setelah membaca dan memahami semua info dan persyaratan audisi ini. Walau Anda belum mulai membuat tulisan, bantuan publikasi harus dilaksanakan SESEGERA MUNGKIN. Agar makin banyak teman yang mengenai info audisi ini.

I. Untuk Publikasi di Facebook:

    Sejak awal (lebih cepat lebih baik), Anda harus sudah memasang banner audisi ini di wall FB Anda (bannernya tercantum di bawah ini). Tidak harus jadi foto profil, tapi cukup ditaruh di wall FB Anda.
    Tag minimal 15 orang teman Anda pada banner tersebut.
    Untuk tujuan pemberitahuan kepada panitia, silahkan tag Jonru dan Dani Ardiansyah. Bila belum bisa men-tag mereka karena belum jadi friend list-nya, ya di-add dulu dong :)
    Khusus untuk Anda yang belum jadi friend list Jonru: Silahkan add akun Jonru Tiga, karena akun 1 dan 2 sudah penuh.
    Pada keterangan gambar, sertakan penjelasan singkat mengenai audisi ini, lalu taruh link ke info lomba ini (silahkan copy paste saja). Berikut adalah linknya:
    http://www.penulislepas.com/audisi-penulis-buku-yuk-menerbitkan-buku-bersama-jonru
    Pemuatan banner audisi ini di wall FB Anda dilakukan seminggu sekali. Artinya bila Anda sudah memuatnya pada tanggal 10 Desember 2011, maka pemuatan selanjutnya adalah tanggal 17 Desember 2011. Demikian seterusnya.
    Frekuensi Anda dalam mempublikasikan audisi ini di wall Facebook Anda akan menjadi salah satu faktor yang menentukan naskah Anda lolos seleksi atau tidak.

II. Untuk Publikasi di Twitter:

    Pastikan Anda sudah mem-follow akun @penerbitindie dan @jonru
    Buatlah twit yang mengandung unsur-unsur:
    - Informasi mengenai audisi ini
    - Link atau URL ke info audisi ini, yakni http://t.co/EoEaUCTn
    - Mention ke @jonru dan @penerbitindie
    - Hastag #AudisiJonru.
    - Mention minimal 1 orang teman Anda yang diperkirakan tertarik juga untuk mengikuti audisi ini. Jangan sembarang mention, karena bisa mengganggu kenyamanan orang lain.
    Contoh twit (jangan copy paste ya. Yang kreatif dong ah!):
    Mau menerbitkan buku bersama @jonru? Yuk ikuti audisi ini: http://t.co/EoEaUCTn cc @penerbitindie @mention_ke_nama_teman_anda #AudisiJonru
    Twit harus dimuat minimal 1 kali dalam sehari.
    Anda boleh saja menggunakan layanan seperti twitlonger dan seterusnya. Tapi ingat: Twit Anda tetap harus maksimal 140 karakter. Tak boleh lebih!
    Frekuensi Anda dalam men-twit info audisi ini akan menjadi salah satu faktor yang menentukan naskah Anda lolos seleksi atau tidak.

* * *

NB, Sangat Penting: Jangan langsung berkata “pusing” atau “syaratnya kok ribet banget” dst setelah membaca info di atas.

Bila Anda berpikiran seperti itu, coba langsung saja terapkan TERAPI MENULIS-nya ya :-D

Lagipula: Yang terlihat banyak di atas hanya penjelasannya. Syarat audisinya cuma sedikit, kok :)

Terima kasih. Ditunggu naskah terbaik Anda. Salam sukses selalu!

Tertanda,

Panitia Audisi “Menerbitkan Buku Bersama Jonru”

Audisi ini didukung sepenuhnya oleh:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar