Sabtu, 13 Oktober 2012

Rain #2.. Ketika Bocah SD Masih Bocah Ingusan


            10 tahun yang lalu…..

        Dimana pohon-pohon masih hijau (Lho? Sekarang warna apa emangnya?), anak SD masih belum kenal HP dan internet, uang saku masih gope, pulang jalan kaki masih menyenangkan, dan ketika nabung masih jadi tradisi.

Ketika itu pula, gue dan anak SD lainnya suka banget berpetualang di jalan bawah yang kini udah jadi komplek. Hutan, danau, sawah, masih jadi sesuatu yang umum untuk dilihat. Gorengan yang dapet 3 kalo bayar seribu, permen yang masih harganya cepek, coklat payung yang merupakan permen kebanggaan anak SD. Serta makanan, minuman serta barang lain yang masih umum kala itu.

10 tahun yang lalu…….

Dimana maenan tradisional jadi hobby yang mampu ngalahin keinginan anak-anak punya HP. Gasing, galasin, petak umpet, batu tujuh, lompat karet, perang-perangan, congklak, masak-masakan dan beragam hal lainnya yang sangat amazing waktu itu.

Dan, gak ketinggalan. Ujan-ujanan, maenan rating 5 buat anak SD dan bocah-bocah lainnya yang kala itu masih belum kenal suka-sukaan, pacaran, game online, internet, rokok, malak, tawuran, demonstrasi, korupsi, bahkan sampai kudeta presiden #ApaLagiIni?

Oke balik ke topik ujan-ujanan, The King Of Fun. Gak bocah cewek, gak bocah laki, gak bocah setengah laki, gak bocah setengah perempuan, semuanya selalu berseru gembira ketika ujan datang, berteriak histeris melihat guyuran air hujan sambil berharap ‘coba yang turun ujan duit’.

“Mamah, aku main ujan-ujanan ya? Kali ini aja, besok kan libur…”

Dan, ketika mamah menggangguk pelan, kedua tangan langsung mengangkat penuh kemenangan, kaya abis menangin lotre 75 Miliar…!

Gue buka baju, sekaligus kutangnya, dan pastinya gak buka celana lah..! Berlari menuju kerumunan bocah lainnya yang lagi nyiprat-nyipratin air ke bocah lainnya. Ngambil plastik dan diisi air hujan, ketika penuh langsung dilempar ke bocah lainnya. Uniknya, yang kena lemparan malah nyengir sambil ngejar bocah yang ngelempar. Belom lagi, maen bola di waktu hujan, dan ketika gol, kita semua lari ke lantai rumah yang paling deket buat selebrasi gol dengan gaya perosotan make kaki….. Ajiiibb, seru banget… Dan besoknya, OBH Combi Plus merupakan obat yang tepat buat ngatasin bersin, batuk, dan pilek gara-gara hujan. Itu sebanding dengan kesenangan yang gue dapatkan…. Mantaaabbbb….

Tapiiii… Itu 10 tahun yang lalu.

Sekarang? Coba aja lihat bocah-bocah SD jaman modern. Gayanya make BlackBerry, uang saku gak cukup cuma goceng, dibeliin permen mintanya hamburger, dibeliin coklat payung mintanya Delfi, dibeliin gorengan mintanya malah pizza. Katanya makanan kaya gitu ‘gak level’

Belom lagi keantipatian sama maenan tradisional, macam kaya gasing, galasin, petak umpet, batu tujuh, merupakan hal yang kuno bagi bocah SD jaman modern. Mereka lebih milih dirumah, nonton film, nge-game online, maen PS, BBM-an, salonan dan lain-lain.

Dan lo-lo sekarang boleh liat, betapa banyaknya bocah SD yang udah tau game online, minta duit boongin orang tuanya buat beli rokok, dan diisep bareng sama temen-temen, shopping, pacaran dan hal lainnya…. WTF. #EmosiSendiri.

Ujan-ujanan? Apa lagi itu…. Bocah SD jaman modern sekarang mah gak kenal mainan kampung kaya gitu, gak sudi kulitnya rusak gara-gara air hujan dan kakinya gatel-gatel gara-gara nginjek lumpur. Bukan sesuatu hal yang asing kalo lo sekarang liat bocah SD lebih milih naik mobil pribadi daripada naek angkot atau jalan sambil ujan-ujanan. Bagi mereka, ujan-ujanan adalah hal yang stranger.

Finally, emang perubahan adalah hal yang biasa, mungkin di masa depan, bayi pun bisa maen BBM dan nge­-game online.

Oke, sampai disini aja postingan gue kali ini, semoga bisa ngebuka memori lo ketika dulu, pas zaman SD lo masih bener-bener ‘bocah ingusan’. Dan lo bahagia akan itu, ketika ujan-ujanan masih jadi kegiatan jaman dulu yang ngebuat lo nyengir-nyengir sendiri ketika nyoba ngingetnya lagi.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. "Masa kecil kurang bahagia"
    kayanya ini lebih tepat buat anak-anak zaman sekarang karena anak sekarang banyak tuntutan yang bisa menjadikan beben mereka pikiran dan orang tua. Ujungnya ya sedih, galau, prustasi..

    BalasHapus