Kamis, 23 April 2015

Birahi Sang Paha dan Ledakan Hebat Sang Pantat





       Awal Januari gue pernah bertekad sama diri gue sendiri, “Mau gimanapun, gue harus bisa sepedaan 100KM dalam satu hari.”

Dan 23 Januari kemarin, bersama the most freakin people, Akbar Maestro, gue jalan-jalan ke Prambanan naik sepeda. Tidak ada yang lebih semangat dari orang-orang yang ingin bepergian di pagi hari. Jam enam pagi gue udah siap, lengkap dengan celana pendek, jaket parasit parasut, sepatu ganteng dan ponsel berpulsa seratus ribu #sombongdikitbolehtak?

Ekpektasi: Kita berangkat jam enam pagi, sampe sana jam sepuluh, tanpa halangan dan tanpa rintangan kita masuk ke Prambanan, jalan-jalan sama foto-foto disitu sampai jam tiga. Abis itu pulang dan sampe Solo jam enam.

Realiti: Kita berangkat jam delapan pagi gara-gara sepeda pinjeman gue dan sepeda Akbar kempes, dan sial atau beruntungnya, Solo bukan Tangerang yang tukang bengkelnya bertebaran di mana-mana dan tukangnya yang macem kalong buka 24 jam. Solo adalah kota yang tidur awal dan bangun siang, jadilah selama satu jam cuma nyari-nyari tukang pompa.


Oke teman, jadi pelajaran pertama sebelum jalan-jalan, adalah survey tukang pompa.


Berangkat jam setengah delapan? Gakpapa, ngaret sedikit ini, kita cuma ingin terus membudidayakan budaya Indonesia mengenai waktu.

Baru seperseratus gue sepedaan, rantai copot dan kagak bisa dibetulin, sureeeeeemm bener. Bagaimana bisa begitu kebetulan pas lagi bilang ‘Semangat hup-hup’ rantainya lepas dan masuk ke sela-sela antara gigi dan batangan. Susah lepasnya? Susah. Tangannya item? Bukan maen, tapi selaw, kita ini laki-laki bakoh yang siap menjalani belantara hidup rumah tangga, jadi apapun siap -__-“

Rantai sepeda: checlist.

Sepertigaseratus gue sepedaan, ban bocor. Anjiiiiiirrrrrr, sampe tahap ini, gue percaya, tukang pompa menjadi pahlawan yang terabaikan, sudah sepatutnya mereka diberi apresiasi, semcam ban emas gitu.

“Bu, ini bocor.”

Diperiksa-periksa.

“Oh, ini mah anginnya keluar dari pentilnya, mas. Gakpapa kok.”

Gue natap mata sang ibu, begitupun sebaliknya.

Ingin rasanya memeluknya begitu erat dan mengucapkan, “Alhamdulillah ibu, untung bukan bocor.”


Selepas dua kejadian yang bikin putus semangat itu, kita berdua ngelanjutin sepedaan. Selfie pertama terletak pada gapura selamat datang Kabupaten Klaten. Waah, pas sampe situ gue bilang sama Akbar, “Yaelah Bar deket lagi ini.”

Pas cek GPS…

…41 KM lagi. Surem. (FYI, jarak Prambanan-Universitas Muhammadiyah Surakarta sekitar 48 KM). Jauh kok jauh, tenang aja.
Kabupaten Klaten Kakak, ini masih semangat-semangatnya. Hahaha


 Kita pun melanjutkan perjalanan, di tengah jalan bukan main panasnya, luar biasa asap dari knalot kendaraan, dan nikmatnya saat beristirahat di tempat junjungan kita bersama –SPBU– dan merasakan kecipak air wudhu. Wuaaaah nikmat binggo.

Perjalanan berangkat lancar-lancar saja, ngobrol-ngobrol sepuasnya dan bahagia sesukanya, tapi semuanya berakhir keika makan di warung sayur KM entah berapa itu. Bukan, bukan harga makanannya yang mahal, tapi setelah itu, ditengah-tengah sang paha yang udah panas banget karena birahinya memuncak dan kepengen banget diselonjorin, akhirnya kita ngebet banget buka GPS. Lagi.

13KM.

Sumpah, itu sebentar lagi, paling 30 menit nyampe.

Nyatanya, satu jam setengah baru sampe. Beneran nih, kita baru pertama kali ini ngerasain gimana rasanya kalo-kita-udah-tahu-dan-ngerasa-bisa-taunya-jauh-malah-putus-asa.


Pelajaran kedua; jangan sekali-kali check GPS dan percaya gitu aja kalo tempat tujuan lo udah deket lagi. Inget, di dunia maya, gak ada yang bisa dipercaya kecuali diri lo sendiri. #wih #wih.

Dan realitasnya, kita sampe Prambanan jam 12.15. Ngaret 2 jam. Sholat dulu biar ganteng, abis itu kita masuk ke tempatnya. Dari luar udah kece banget, sementara candi berdiri megah, bule-bule bepakaian minim lalu-lalang, dan orang pada jepret-jepret. Kita berdua malah sibuk berdebat tentang masuk apa enggak.


Kok fotonya burem semua ya?

HTMnya 30ribu.

Percayalah, bagi tempat wisata dan ukuran mahasiswa akhir bulan, 30ribu terlalu mahal dan bisa dibuat makan lima kali.

“Bar, kita masuk dari pintu oleh-oleh aja, siapa tahu bisa tembus ke dalam.”
“Coba duluh dah.”
“Kamu dulu.”
“Kamu lah.”
“Kamu bilang aja mau kencing dulu.”
“Jangan kencing, mending beli oleh-oleh.”
“Kayak kamu punya duit aja.”
“Yaudah kamu dulu gih bilang mau kencing.”

BUNGGCUUUTTT. Sampe tahun jebot kagak masuk-masuk, dan ketika kaki memutuskan que sera-sera yang penting masuk gratisan, akhirnya kita berdua melangkah dengan pasti melewati areal pertokoan yang para pedagangnya selalu bilang, “Cari apa mas?”

Pengen rasanya gue bilang, “Saya cari jodoh, Bu.”

**
Ketika udah sampe di pintu keluar Prambanan. Jadilah harapan tinggal harapan, ternyata pintu keluarnya dijagain penjaga. Apes, ternyata gratisan hanyalah sebuah halusinasi. Akhirnya, selama satu jam setengah kita berdua cuma kongkow-kongkow sambil ngeliatin bule berpakaian minim, mengamati warga lokal yang cantik-cantik dan megangin perut karena kelaparan. Bukan, bukan karena kita berdua gak mau makan, tapi bayangin, es jeruk aja harganya 5 ribu, itu bisa buat nasi+lele kalo di kampus ogut.
Pak, kasih saya uang buat masuk, Pak.
“Donat-donat.”

Tiba-tiba ibu donat muncul dengan membawa dua keranjang, ibu-ibu jualan es jeruk lima ribuan itu langsung nyerbu. Gue inget betul, gimana ibu donat bilang, “Iya bu, lima ribu dapet empat.”

Anehnya, pas gue beli, ibunya bilang “Satu donat tiga ribu.”

WTF.

Karena keburu gak enak, “Beli empat, Bu.”

“Total 12 ribu ya mas.”

ASYUUUU. Sumpah, gue jadi trauma beli donat, etapi, donatnya enak kok. -__-“
Donat legendaris, 12 ribu cuma dapet empat biji.
Perjalanan di Prambanan berakhir dengan foto-foto dari luar pintu dan mengamati candi dari jauh.

Pelajaran ketiga; kalau mau dateng ke Prambanan, jangan cuma berkunjung doang, Prambanan gak cukup cuma dua-tiga jam elu foto-foto di 3 candi utama, lebih-lebih lagi banyak yang harus elu kunjungin, dan menikmati serta mensyukuri bahwa Indonesia tak semacet dan seburuk yang elu kira.

**
KITA PULAANG.

Puuulaaannggg #lemes.

Tambah burem.
Dari Prambanan jam setengah tiga, dan perjalanan pulang ini sungguh gila banget. Gue dan Akbar gak pernah nyangka kalo bakalan turun hujan, untung kita selalu sedia jas ujan gocengan sekali pake. Dengan sepeda tanpa lampu dan kontainer-kontainer yang lalu-lalang, sempet ngeri juga sih, tapi dengan berbekal keyakinan bahwa Tuhan sayang kita, perjalanan lanjut terus, badai hujan dan serpihan butir air diterjang tanpa pandang bulu, kita istirahat sedikitnya dan mengeluh seperlunya, berusaha sekuat-kuatnya dan berupaya sekeras-kerasnya. Walau kita sama-sama tahu, udah pengen meledak rasanya nih paha dan pantat.

Jam setengah tujuh kita sampe di UMS tercinta. Dan rasanya…

… tidak bisa dilukiskan. Bersama Una –tempat penitipan barang– makan nasi+kakap dan minum teh hangat adalah sesuatu yang menggembirakan, serta ada dahaga dan kepercayaan yang muncul bahwa sesuatu yang masih bisa dilihat, pasti masih mungkin dilakukan.

Setidaknya kalimat terakhir adalah hak cipta milik neneknya Valencia –teman saya juga yang sekarang tengah pulang kampung ke Tegal–

Demikian laporan perjalanan sepedaan kali ini, dari Prambanan-Solo. Yang pulang pergi hampir 100KM –exactly, 98KM– melaporkan. Oia, bepergian kali ini juga dalam rangka memperingati Hari Bumi dan komitmen akan segelas kopi.

Sebentar, “Kalian ada yang punya counterpain gak?”

Paha gue panas nih.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar